Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk




Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk

Salam sejahtera untuk semuanya, saat ini teknologi sudah semakin maju dengan pesat kata-kata bootable menggunakan flashdisk sering di jumpai dan cara buat bootable pun sering kita cari. Jika anda suka bermain dengan komputer, dan anda sering melakukan installasi OS atau System Operation, maka sudah tidak asing lagi jika anda mendengar Bootable menggunakan Flashdisk.  Dengan segala kemudahan tersebut sebagian orang yang sudah tahu cara mengenai install system operation sangatlah terbantu. Membuat bootable ini sangat mudah, bisa di gunakan untuk membuat bootable windows dan lain-lain yang mengandung system operasi.

Saat ini dalam proses installasi sudah tidak perlu menggunakan CD/DVD yang anda selalu kerepotan dalam membeli, terkadang harus memburn CD/DVD tersebut agar dapat di gunakan dalam installasi. Software tersebut juga bisa membantu Anda jika computer atau laptop anda mengalami kendala pada system operation nya, anda tidak perlu repot-repot atau kebingungan dalam mengatasi hal tersebut. Tinggal anda membuat bootable kembali system operasi yang anda pakai, kemudian masuk ke mode recovery agar data system bisa kembali normal dan dapat anda gunakan seperti biasanya.

Saat ini sudah ada aplikasi yang bernama "Rufus", aplikasi tersebut membantu kita untuk membuat bootable OS nanti. Aplikasi ini juga bisa untuk membuat bootable yang bervariasi mengenai system operasinya. Anda bisa membuat bootable Windows dan Linux dengan aplikasi ini, cukup membantu bukan ?

Aplikasi Rufus ini juga tidaklah besar yang memakan size penyimpanan hardi disk anda. Size atau ukuran software ini tidak sampai dengan 2 Mb, hanya beberapa Kb saja. Cukup kecil dalam ukuran size, akan tetapi banyak kegunaannya. Banyak tempat-tempat service computer yang menggunakan aplikasi ini karena kemudahannya dalam penggunaan.

Untuk lebih jelasnya aplikasi ini pengganti CD/DVD anda. Dalam proses pembuatan bootable menggunakan Flashdisk tergantung size atau ukuran OS ( Operation System ).  Jika ukuran flashdisk anda melebihi dari size atau ukuran OS maka baru dapat di gunakan sebagai bootable. Berikut ini cara membuat bootable menggunakan Flashdisk :

Download aplikasi Rufus tersebut dahulu, banyak yang share software tersebut.
Disini gunakan Flashdisk yang kosong tidak ada file di dalamnya, format dahulu jika ada file di dalamnya agar tidak corup di data bootablenya. Setelah anda download aplikasi tersebut tancapkan flashdisk ke komputer anda kemudian jalankan saja aplikasi tersebut dengan klik 2x pada aplikasi tersebut. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut ini

Pada nomor (1) yang saya tandai itu adalah device atau flashdisk anda, kemudian pada nomor (2) isikan file OS anda dengan cara klik saja kemudian cari file OS anda. Ingat !!! biasanya di sini rufus membaca sebagai format *.iso. Setelah anda sudah select file berformat *.iso tersebut kemudian anda tinggal klik start saja. Tunggu proses pembuatan bootable sampai selesai, jika sudah selesai dalam pembuatan bootablenya maka yang sebelumnya bertuliskan "Start" akan menjadi "Close". Klik close saja maka bootable anda selesai dalam pembuatannya. Silahkan anda dapat memulai praktik installasi pada komputer anda.

Penutup

Sekian dari tutorial saya yang sesuai judul di sini "Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk". Semoga dapat membantu anda yang masih pemula menggunakan rufus dan kurang paham cara penggunaannya. Jika anda ada kesulitan dalam proses tersebut anda bisa menanyakan kepada saya melalui komentar di bawah ini mengenai cara membuat bootable. Jika anda memiliki informasi lebih detil mengenai apa itu Rufus dan kegunaannya, anda dapat mencantumkan informasi tersebut di bawah pada kolom komentar.  Mohon maaf di karenakan saya juga bekerja mungkin menjadi slow respon dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan anda. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya

0 Response to " Cara Membuat Bootable Dengan Flashdisk "

Posting Komentar